Memilih Sepeda Motor Yang Tepat, Dari Mulai Tujuan Hingga Sesuai Selera

Begitu banyak jenis, tipe dan model sepeda motor yang dijual di Indonesia ini dengan beragam pula harganya.

Saking banyaknya, kadang seorang pemula yang baru ingin memiliki sepeda motor kerap bingung, motor apa nih yang harus saya beli? Nah biar lads ga bingung, ini kami kasih tips memilih sepeda motor yang tepat, dari mulai tujuan membelinya untuk apa hingga sesuai selera. Apa saja?

So kali ini kami ingin berbagi pengalaman dan berharap bermanfaat bagi pembaca agar tidak terlalu kebingungan saat memilih sepeda motor untuk dimiliki biar tepat dan gak menyesal di kemudian hari.

Memilih Sepeda Motor Yang Tepat, Dari Mulai Tujuan Hingga Sesuai Selera

Tentukan tujuan

Tujuan di sini adalah, saya mau beli sepeda motor untuk apa? Kalau tujuannya hanya untuk sekedar mencapai lokasi dari titik A ke B, apalagi jaraknya dekat, maka sepeda motor yang tepat dan sesuai adalah cari yang harganya paling murah. Anda bisa memilih Motor Honda Terbaru 2021 untuk kebutuhan anda.


Tentukan sesuai keinginan

Keinginan disini masih terhubung dengan poin 1, yaitu kondisi motor paling murah. Sesuai dengan selera adalah mau jenis apa? Bebek atau skutik? Lebih suka mana? Jika model bebek ya cari yang termurah, begitu pula dengan skutik. Model sport juga ada yang murah kok jika suka jenis sport.


Tentukan budget

Sudah dapat jenis yang diinginkan? Sudah tau juga masing masing harganya? Silakan disesuaikan dengan bugdet yang dimiliki saat ini.

Banyak merek yang bisa didapatkan jika mencari harga termurah dari jenis bebek, skutik dan sport.. Hal ini juga berlaku jika mencari motor bekas.


Next level

Di atas adalah skema dimana seseorang hanya butuh berkendara dari titik A ke B tanpa memandang model harus keren, atau konsumsi bbm wajib hemat, fitur harus banyak. Pokoknya cuma dipake ke tujuan dan kembali ke rumah. Selesai.

Next level merupakan kondisi dimana seseorang memiliki demand atau keinginan yang lebih dari sekedar sampai tujuan. Bisa dibagi juga menjadi beberapa level.


Level 1

Di level 1 tipe konsumennya lebih ke unik, anti mainstream dan ingin terlihat berbeda dari yang lain. Biasanya sih desain juga masuk pertimbangan, tapi selama mereka suka dan dianggap unik gak masalah, begitu juga dengan fitur, kalau ada sukur, tidak ada ya gak komplen.

Konsumsi BBM dan after sales servis biasanya tidak terlalu diperdulikan. Selama bengkel dan dealernya masih ada mereka merasa cukup tenang, biasanya tipe begini juga larinya ke bengkel umum sih

Untuk level ini merek merek non establish atau di luar merek umum biasanya menjadi incaran, karena tujuannya unik dan terlihat berbeda dengan yang lain. Silakan dicari merek seperti KTM, Kymco, SYM, Piaggo, Peugeot, TVS, Vespa atau Viar.


Level 2

Pada level ini permintaannya sudah mulai banyak, seperti desain yang setidaknya harus oke agar terlihat mantap oleh orang lain, fitur standar dan penunjang berlimpah juga performa mesin yang mumpuni (terutama untuk yang memilih jenis sport). Harga selama masih masuk kantong tidak masalah, juga tidak terlalu peduli dengan konsumsi bbm.

After sales servis termasuk kemudahan mendapatkan spare part masuk pertimbangan tapi tidak terlalu menjadi hal utama untuk tipe level 1 ini. Intinya selama bengkel dan dealernya ada ya gak masalah.

Untuk merek sih banyak banget lah untuk konsumen tipe level 2 ini, dari mulai yang sudah establish hingga baru kemarin sore bisa jadi pilihan seperti Honda, Kawasaki, Suzuki, Yamaha, KTM, Kymco, SYM, Piaggio Vespa dlsb.


Level 3

Level ini mungkin yang paling reseh, menginginkan pengakuan diri juga, artinya motor yang dibelinya setidaknya harus dipandang oke oleh orang lain. Selain desain yang enak dilihat, konsumsi bbm jadi pertimbangan utama, sementara fitur yang dimiliki juga harus lengkap. Karena sudah naik levelnya, teknologi atau performa mesin juga jadi pertimbangan utama – terutama bagi mereka yang memilih jenis sport.

Harga biasanya pengen murah, tapi lengkap, bisa nambah dana selama dipikirnya masih masuk. Tapi di luar itu, harga jual kembali, kemudahan service, banyaknya spare parts, banyak dealer, banyak bengkel jadi pertimbangan utama.

Tipe di level ini gakan bisa lepas dari merek merek yang sudah settled di Indonesia, karena mencarinya juga ketenangan hati, gak was was kalau dijual susah atau harga jeblok.

Nah itulah tips mencari sepeda motor yang tepat, jadi ketahui dulu diri sendiri, tujuannya beli motor apa? Masuk ke level yang mana? Semoga bermanfaat