Toyota Vios Generasi Kedua atau Gen Dua

Diluncurkan pada awal tahun 2007, Vios terbaru sama dengan Toyota Belta di Jepang, atau Toyota Yaris Sedan di Amerika dan Australia. Dari segi desain, Toyota Vios memiliki kesamaan dengan seri hatchback Toyota Yaris.

Vios generasi kedua atau gen dua ini dipasarkan dari tahun 2007 sampai dengan tahun 2013. Vios generasi dua ini tetap memiliki dashboard dengan panel instrumen di tengah menghadap ke belakang dan dapat dilihat oleh penumpang, berbeda dengan sebelumnya yang lebih miring menghadap ke arah pengemudi.

Sound system dengan head unit terintegrasi dengan panel dasboard tengah. Untuk model G juga dilengkapi dengan pengatur volume suara pada stir. Start/Stop button hanya ada di model G dengan transmisi otomatis. Secara keseluruhan, Vios baru memiliki fitur interior yang jauh lebih banyak daripada model sebelumnya.

Toyota Vios Generasi Kedua atau Gen Dua

Eksterior

Pada bagian eksterior depan Toyota Vios memiliki tampilan sedan menengah ke atas. Jika dilihat sekilas tampilan moncong Toyota Vios mirip dengan Toyota Yaris. Untuk pasar Indonesia, Vios tampil dengan ornamen gril berbentuk huruf “V”, sedangkan Vios di negara lain di Asia Tenggara gril-nya sama dengan Yaris Sedan. Toyota Vios memiliki gril dasar dan gril luar. Gril dasar memiliki warna hitam sedangkan gril luar menyesuaikan warna bodi mobil.

Sedan ini memiliki ukuran yang cukup bongsor seperti halnya Toyota Camry. Pada ban disematkan velg berukuran 15 inci. Bagian belakang Toyota Vios cenderung memiliki body bulat. Setiap sisi belakang disematkan stop lamp mirip dengan Toyota Yaris.


Interior

Untuk bagian interior, ruang kabin mobil Vios memiliki kesan yang cukup lapang. Bagian dashboard memiliki desain seperti huruf V. Satu yang berbeda dari Vios generasi kedua adalah pada bagian Multi-Instrument Display (MID) yang diletakan pada posisi tengah dari dashboard tepat di atas AC, sehingga pengemudi harus menoleh ke kiri untuk melihat informasi mobil.

Pada sisi AC dan head unit disematkan aksen lining silver. Tampilan desain layout kabin mengandung warna abu-abu, sedangkan pada bagian doortrim hingga kursi cenderung dengan corak gelap warna hitam.

Sedangkan desain dashboard dibuat menyatu dengan head unit yang dilengkapi panel instrumen yang terbilang sederhana, seperti pemutar musik CD, AUX, dan USB.

Kualitas bahan kursi cukup baik meskipun hanya berwarna hitam polos. Kapasitas kabin dari Toyota Vios ini bisa menampung 5 orang penumpang. Pada bagian bagasi memiliki ruang yang lapang dan juga berfungsi untuk tempat penyimpanan ban cadangan.


Mesin

Vios generasi kedua ini menggunakan mesin dengan kode mesin:

·         1.3L 2NZ-FE

·         1.5L 1NZ-FE

·         1.6L 4ZR-FE

Untuk wilayah Indonesia Toyota Vios generasi kedua atau gen dua ini menggunakan mesin dengan kapasitas 1.500 cc dengan kode mesin 1.5L 1NZ-FE dengan power mencapai 107 horsepower dan torsi mencapai 141 Nm pada putaran mesin 4200 rpm. Tenaga mesin disalurkan lewat transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Walaupun mesin yang digunakan sama dengan Yaris, generasi kedua Toyota Vios sudah dilengkapi dengan Intelligent Drive by Wire ETCS-i. Sistem ETCS-i tanpa hubungan mekanis pada pedal gas menjadikan BBM makin irit dan ramah lingkungan. Tidak hanya itu, catalytic converter (CC) menjadikan sedan ini sudah berstandar emisi Euro III.


Fitur Keselamatan

Pada bagian fitur keselamatan penumpang dilengkapi dengan dua SRS airbag untuk penumpang depan. Sedangkan untuk sistem pengereman Vios sudah dilengkapi dengan sistem ABS, EBD dan Brake Assist di tipe tertentu. Terdapat juga collapsible steering column di semua tipe.

Toyota Vios ini dirilis dengan 3 tipe, yakni tipe E (terendah), G, dan TRD Sportivo. Perbedaan pada varian tipe E adalah pengereman masih menggunakan tromol, dan fitur ornamen desain interioir yang terbatas.

Sedangkan untuk varian tipe G sudah dilengkapi dengan sistem pengereman ABS dan EBD. Pada varian ini juga sudah dilengkapi dengan fitur keyless entry tapi hanya khusus untuk transmisi otomatis. Untuk varian tipe TRD sportivo perbedaannya hanya pada headlamp DRL dan karpet yang lebih sporty.