Rekomendasi Kue Kering yang Gampang Dibuat Dirumah untuk Camilan

Siapa sih yang tidak familiar dengan yang namanya kue kering? Kue mungil yang renyah dan lezat ketika digigit. Kue kering sangat cocok untuk kita jadikan cemilan saat waktu senggang. Menikmati kue kering dengan ditemani secangkir gelas teh atau kopi menjadikan waktu santai kita lebih sempurna.

Selain menemani dalam waktu senggang, kue kering sering kita temui ketika menjelang hari raya seperti Imlek, Natal, termasuk Hari Raya Idul Fitri. Menyajikan kue kering saat Lebaran sudah menjadi tradisi bagi keluarga Muslim saat saudara atau tamu bersilaturahmi ke rumah mereka.

Biasanya ketika mendekati hari raya, kue kering mudah kita dapatkan di berbagai tempat seperti di mall, pasar, supermarket, ataupun online shop. Namun, kita harus mempersiapkan jenis kue kering yang akan kita beli dari jauh-jauh hari. Seringkali kue kering habis karena banyak orang membeli kue kering dalam jumlah yang banyak. Untuk itu, yuk simak rekomendasi kue kering lebaran yang kalian harus coba!

Rekomendasi Kue Kering yang Gampang Dibuat Dirumah untuk Camilan

Nastar

Nastar adalah salah satu kue kering yang sering kita temui ketika berkunjung ke rumah keluarga atau kenalan saat hari raya. Kue yang terbuat dari adonan tepung terigu, mentega, dan telur ini biasa diisi dengan selai nanas.

Namun, ternyata kue nastar merupakan kue khas Belanda, loh! Biasanya kue kering tersebut memiliki isi blueberry atau apel. Namun, pada zaman penjajahan Belanda, sulit untuk menemukan blueberry dan apel. Maka dari itu, isi dari kue diganti dengan selai nanas. Sekarang, nastar sudah berkembang dan memiliki berbagai varian rasa seperti stroberi dan coklat.


Kaastengels

Kue kering lebaran ini ternyata juga berasal dari Belanda! Kue kering ini juga terbuat dari adonan tepung, telur, dan mentega. Namun yang membedakan kaastengels dan nastar adalah taburan keju yang menghiasi bagian luar kaastengels. Selain itu, kaastengels berbentuk persegi panjang yang berukuran 3-4 cm dan memiliki lebar 1 cm.


Kue semprit

Kue yang satu ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang renyah. Kue ini terbuat dari adonan tepung maizena, gula, tepung terigu, gula pasir, maizena, dan margarin. Biasanya kue ini dibentuk menjadi menyerupai bunga. Penampilannya yang cantik membuat kue ini menjadi unik.


Kue semprong

Kerenyahan dari kue ini menjadikan semprong sebagai salah satu kue kering yang tidak boleh kalian lewatkan. Kue ini cocok bagi kalian yang tidak terlalu menyukai rasa manis. Rasa dari kue ini gurih dan sangat garing ketika digigit. Umumnya, kue ini berbentuk silinder namun, kue ini juga tersedia dalam bentuk lainnya seperti segitiga atau persegi panjang.


Putri salju

Sama seperti yang lainnya, kue ini juga terbuat dari adonan tepung terigu, maizena, dan telur. Keunikan dari kue ini adalah bentuknya yang berbeda dari yang lain, yaitu bulan sabit. Taburan gula halus di bagian atas kue membuat kue ini terasa sangat lembut ketika dimakan.


Kue lidah kucing

Lidah kucing sering kita temui sebagai salah satu kue kering yang disajikan untuk tamu yang datang ke rumah. Sama seperti nastar dan kastengel, kue ini merupakan salah satu warisan dari negara Belanda. Kue ini dinamakan lidah kucing karena bentuknya yang tipis dan panjang, menyerupai lidah kucing asli. Bentuknya yang tipis membuat kue ini menjadi renyah dan garing ketika dimakan.


Stik Keju

Teksturnya yang renyah dan rasanya yang gurih dijamin membuat kalian ketagihan dengan cemilan yang satu ini. Stik keju menjadi salah satu cemilan favorit yang disajikan saat Lebaran. Tidak seperti kue yang lainnya yang dipanggang, cemilan ini digoreng. Tepung tapioka sangat penting untuk masakan ini karena memiliki fungsi agar adonannya, terutama tepung terigu, tidak hancur saat proses penggorengan.