Manfaat Cetrizine, Dosis, Efek Samping dan Interaksi Obat

Manfaat dari penggunaan Cetrizine adalah berfungsi untuk meredakan gejala alergi seperti pilek, hidung tersumbat, mata berair, gatal-gatal, mata dan hidung gatal. Cara kerja citrizine adalah dengan menghalangi zat alami tertentu (histamin) yang diproduksi  tubuh selama reaksi alergi terjadi. Karena penyebab dari munculnya reaksi alergi adalah senyawa histamin tersebut. Obat alergi ini dapat dikonsumsi oleh anak-anak diatas 2 tahun dan dewasa. Untuk penggunaan pada wanita hamil dan menyusui perlu dikonsultasikan dengan dokter. Bentuk obat yang tersedia dalam obat ini adalah tablet, kapsul, sirup dan drop.

Manfaat Cetrizine, Dosis, Efek Samping dan Interaksi Obat

Jadi Cetrizine obat apa?

Cetrizine merupakan salah satu obat antihistamin atau anti alergi yang tidak menyebabkan rasa kantuk dengan mempunyai fungsi-fungsi tersebut di atas.


Dosis dan Cara Pemakaian Cetrizine

Takaran dosis untuk masing-masing pasien akan berbeda sesuai dengan kondisi alergi yang dialami pasien. Pemakaian dosis Cetrizine akan dokter sesuaikan dengan takaran dosis obat sesuai usia, kondisi kesehatan secara keseluruhandan reaksi tubuh pasien terhadap obat.


- Dewasa  dan anak-anak  >6 tahun : 5-10 kali sehari

- anak-anak 2-6 tahun : 2,5 mg sehari, dosis bisa saja ditingkatkan oleh dokter menjadi 5 mg per hari atau 2,5 mg 2 x sehari.

Pastikan baca terlebih dahulu informasi yang terdapat dalam kemasan tentang Cetrizine, dosis dan cara pemakaian serta efek samping, indikasi, kontra indikasi dll.


·         Bentuk Tablet Oral

Jika anda mengkonsumsi Cetrizine dalam bentuk tablet oral, maka konsumsilah dengan segelas air putih.


·         Bentuk Tablet Kunyah

Untuk pemakaian tablet kunyah, maka kunyahlah obat tersebut sampai hancur dan lumat kemudian telan dan lanjutkan dengan minum segelas air putih, pastikan tidak ada obat yang tersisa di mulut.


·         Bentuk Tablet Cepat Larut

Untuk pemakaian tablet cepat larut, anda tinggal isap tablet hingga larut di lidah tanpa digigit kemudian telan dan minum air putih.


·         Bentuk Cairan Sirup

Jika mengkonsumsi obat ini dalam bentuk cairan atau sirup, sebaiknya gunakanlah takar sendok khusus yang terdapat dalam kemasan, agar dosis yang diberikan tepat.


Efek Samping Penggunaan Cetrizine

Setelah seseorang mengkonsumsi Cetrizine, ada beberapa kemungkinan alergi yang akan muncul, yaitu mengantuk, lemas dan lelah, pusing, mulut kering, sakit tenggorokan, mual dan muntah dan diare. Segera hubungi dokter jika anda mengalami masalah serius seperti susah buang air besar dan tubuh terasa lemas, pembengkakan pada wajah, lidah dan tenggorokan bahkan kesulitan untuk bernafas.


Interaksi Cetrizine dengan Obat Lainnya

Berikut beberapa interaksi yang dapat terjadi jika Cetrizine digunakan dengan obat atau bahan lain.

·         Dapat menyebabkan kantuk, pusing, dan sulit berkonsentrasi jika digunakan bersama alkohol, duloxetine, alprazolam, lorazepam, dan zolpidem

·         Dapat mengurangi efektivitas Cetrizine jika digunakan bersama obat asma yaitu teofilin


Sebelum mengkonsumsi Cetrizine, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika anda sedang mengkonsumsi obat-obatan seperti vitamin, suplemen atau produk herbal lainnya. Karena jika anda mempunyai alergi terhadap obat ini maka tidak disarankan untuk dikonsumsi. Terlebih jika anda sedang mengkonsumsi obat lain terutama obat yang menyebabkan efek kantuk (seperti obat flu atau obat lain), obat tidur, obat rileks otot, obat kejang ataupun obat depresi.


Selama menggunakan obat Cetrizine tidak dianjurkan untuk melakukan aktivitas seperti menyetir, mengendalikan alat berat karena obat ini memiliki efek samping yang mengakibatkan rasa kantuk. Jika anda mengalami efek samping seperti di atas, maka hal yang dapat anda lakukan pertama adalah menggunakan antihistamin lainnya, meminum air putih yang banyak, makan permen, mengurangi makanan yang terlalu berat atau kurangi porsi makan juga hindari makanan pedas.


Beberapa merk dagang yang mengandung Cetrizine adalah Cetzin, Cetrizine Hydroclhoride, Cetrizine HCL, Ryvel, lerzin, Incidal OD, Frizin, Cetrizine HCIT dan Ozen.